Skip to main content

EDMODO






PENGERTIAN EDMODO

Edmodo adalah platform microblogging peribadi yang dikembangkan untuk guru dan siswa, dengan mengutamakan privasi siswa. Guru dan siswa dapat berkongsi catatan dan dokumen. Guru juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan peringatan, acara, dan tugas untuk siswa dan dapat memutuskan untuk mengirimkan sesuatu dalam kerangka waktu yang dapat dilihat oleh umum.
Edmodo adalah sebuah platform pembelajaran sosial untuk guru, mahasiswa mahupun untuk ibubapa yang dikembangkan pada akhir 2008 oleh Nic Borg dan Jeff O’Hara yang merasakan keperluan untuk berkembang dalam lingkungan sekolah atau kampus untuk mencerminkan bahawa dunia yang semakin global dan terhubung, maka keduanya menciptakan sebuah aplikasi yang dapat memudahkan mahasiswa menjalani kehidupan mereka dan bagaimana mereka belajar di kampus, untuk itulah maka Edmodo ada. Edmodo dibuat sebagai sebuah platform pembelajaran jaringan sosial untuk guru, mahasiswa, dan ibubapa.
Edmodo dirancang untuk membuat mahasiswa bersemangat belajar. Dalam Edmodo, guru dapat melanjutkan perbincangan kelas online. Selain itu, Edmodo memudahkan untuk merancakkan lagi kemajuan mahasiswa. Semua nilai dan rencana belajar ditugaskan atau diberikan melalui Edmodo disimpan dan mudah diakses. Guru boleh mendapatkan akses dari ruang kelas melalui reaksi mahasiswa untuk tugasan yang dapat memberikan pemahaman kepada siswa/mahasiswa.
Permukaan Edmodo yang menarik, mudah menggunakan aplikasi yang personalisasi pembelajaran untuk setiap siswa/mahasiswa. Aplikasi ini membantu guru untuk memperkuat rencana pelajaran mereka dengan mengintegrasikan dengan Edmodo, yang memberikan semua input digital dalam satu tempat.

Fungsi Edmodo

1. Untuk mempermudah komunikasi antara murid dengan murid atau guru dengan guru.
2. Sebagai alat komunikasi belajar.
3. Sebagai tempat untuk laksanakan kuiz dan  sebagainya.

Kelebihan Edmodo

1. User Interface
Mengadaptasi rupa seperti facebook, secara sederhana edmodo relatif mudah untuk di gunakan bahkan untuk pengguna baharu sekalipun.
2. Compatibility
Edmodo menyokong berbagai jenis format file seperti : pdf, pptx, html, swf, dan sebagainya.
3. Aplikasi
Edmodo tidak hanya dapat di akses dengan menggunakan PC tetapi juga boleh di akses dengan menggunakan gajet berasaskan Android dan iOS.

Kekurangan Edmodo

1. Social Media
Edmodo tidak bergabung dengan sosial media lain seperti facebook, twitter, atau google plus. Padahal pada masa kini, hampir setiap website bergabung dengan media sosial supaya penggunanya dapat berbagi (sharing). 
2. Language
Penggunaan bahasa program yang masih berbahasa inggris sehingga terkadang menyulitkan guru dan siswa.
3. Video Conference
Video Conference belum tersedia. Hal ini cukup penting untuk berinteraksi dengan siswa jika guru tidak bisa hadir secara langsung di ruang kelas.



Comments

Popular Posts

Purple Electricity Lightning